pasang iklan

Sunday, April 5, 2020

Belajar bahasa Ingris cuma modal smartphone ? Begini caranya

Saat ini, smartphone memiliki fungsi yang lebih luas. Mereka menggunakannya tidak hanya untuk berkomunikasi, tetapi juga untuk media sosial, hiburan, atau bahkan untuk membantu studi mereka, terutama dalam pengembangan bahasa Inggris. Smartphone memiliki sikap positif terhadap pembelajaran bahasa Inggris melalui smartphone dan merupakan alat yang baik untuk melatih keterampilan bahasa dan juga meningkatkan kosa kata (Naz et al., 2019). Siswa dapat menggunakan smartphone untuk meningkatkan bahasa Inggris dengan menggunakan banyak perangkat lunak yang tersedia dan memfasilitasi mengakses situs web yang berguna untuk meningkatkan kemampuan mereka. Menurut (Bllaca, 2016) smartphone memberikan banyak manfaat bagi siswa karena mereka menawarkan kesempatan belajar bahasa di mana saja dan kapan saja. Ada tiga fungsi umum smartphone di tangan Millenial untuk pengembangan bahasa Inggris mereka.

1. Memanfaatkan aplikasi belajar gratis
Penggunaan ponsel cerdas di tangan milenial untuk pengembangan bahasa Inggris mereka adalah dengan menggunakan aplikasi seluler. Menurut Gangaiamaran & Pasupathi (2017), aplikasi tersebut adalah perangkat lunak yang dibuat untuk berjalan di ponsel seperti Android atau iPhone. Aplikasi ditambahkan Mindog (2016) adalah teknologi populer yang dapat dijalankan di smartphone untuk mendukung proses pembelajaran bahasa. Mereka mudah diakses dan dijalankan, dapat digunakan untuk belajar kapan saja dan di mana saja melalui smartphone yang sudah dimiliki banyak siswa. Aplikasi yang siswa dapat dengan mudah dapatkan dari Playstore atau Appstore untuk pengguna iPhone. Selain itu, beberapa aplikasi dapat digunakan secara gratis. Duolingo adalah aplikasi yang dapat digunakan oleh siswa untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris siswa. Selain itu, masih banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk belajar bahasa Inggris seperti Memrise, linguine Dictionary, English Grammar, dan lain-lain.

2. Menonton video atau film berbahasa Ingris
Fungsi kedua adalah untuk menonton video atau film. Berdasarkan Albiladi et al. (2018) menemukan bahwa pembelajar bahasa melihat film sebagai cara yang efektif dan bermanfaat untuk belajar bahasa Inggris. Selanjutnya, film dapat digunakan untuk mengembangkan tidak hanya keterampilan mendengarkan dan berbicara, tetapi juga kesadaran budaya siswa. Dengan menonton film, siswa akan mendapat banyak masukan dalam percakapan sehari-hari yang dilakukan oleh penutur asli dan tentu saja akan menambah biaya, idiom, atau bahkan bahasa gaul baru yang bisa dipelajari. Siswa juga dapat belajar cara mengucapkan yang baik dan benar dengan menonton film berbahasa Inggris (Liando, 2018). Selain film, siswa juga dapat belajar memahami video berbahasa Inggris yang banyak tersedia di YouTube seperti TED Talk dan English Speeches, atau blog video berbahasa Inggris lainnya. Melalui video ini, siswa dapat meningkatkan keterampilan mendengarkan dan belajar banyak aksen karena dalam video menampilkan pembicara dari banyak negara.

3. Sering mendengarkan lagu berbahasa Inggris
Terakhir adalah mendengarkan lagu. Menurut Bishop (2016) lagu memberikan cara yang menyenangkan untuk memperkenalkan atau meninjau kosa kata, mengajarkan pelafalan, struktur saat ini, dan pola kalimat dengan cara baru, dan secara efisien menggunakan lagu-lagu bahasa Inggris untuk meningkatkan keterampilan mendengar dan berbicara siswa. Mirip dengan menonton film, lagu dapat meningkatkan keterampilan mendengarkan dan menambah kosa kata kepada siswa. Dengan lagu, Anda dapat dengan mudah menghafal kosakata baru karena memiliki ritme yang menarik. Mendengarkan lagu-lagu bahasa Inggris dapat menambah kosakata, meningkatkan pengucapan, dan dapat membuat pemahaman dalam keterampilan mendengarkan dan ada cara untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan (Listiyaningsih, 2017). Siswa dapat meningkatkan pelafalan mereka karena mereka mendengarkan lagu yang dinyanyikan oleh penutur asli yang memiliki pelafalan yang baik. Dengan kata lain, mendengarkan lagu dapat meningkatkan keterampilan mendengarkan, meningkatkan kosa kata dan meningkatkan pengucapan.

Singkatnya, dengan smartphone siswa dapat meningkatkan keterampilan bahasa Inggris mereka dengan banyak fungsi yang dapat dijalankan pada smartphone, siswa dapat menggunakan aplikasi yang tersedia secara gratis untuk mengasah keterampilan bahasa Inggris. Dengan koneksi internet, siswa dapat menonton film streaming atau video dari situs web dan aplikasi seluler untuk mempelajari bagaimana penutur asli menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari mereka. Selain itu, melalui lagu-lagu mereka, mereka dapat meningkatkan keterampilan mendengarkan mereka dan juga meningkatkan pengucapan mereka. Dengan kata lain, smartphone memudahkan siswa untuk belajar bahasa Inggris dengan fungsi dan fasilitas yang tersedia.

No comments:

Post a Comment