pasang iklan

Saturday, April 4, 2020

Aktifitas sehari-hari untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris


          Pada masa self karantina saat ini, kita dapat memanfaatkan waktu luang untuk mengembangkan diri, jadi kita mendapatkan lebih manfaat dari masa karantina. Salah satunya adalah mengembangkan kemampuan Bahasa Inggris yang penting dikuasai pada era saat ini. Berdasarkan Rao (2019), bahasa Inggris bukan bahasa resmi dunia, tetapi merupakan bahasa yang umum digunakan oleh 2 dua miliar orang Inggris non-pribumi menggunakannya secara teratur untuk beberapa tujuan. Ada empat kegiatan yang dapat kamu lakukan selama masa karantina untuk meningkatkan English skill.

            First, kamu dapat bersantai sambil menonton film bebahasa Inggris. Kamu dapat menggunakan atau mengakses platform yang menyediakan film seperti Netflix, Iflix, dan Maxstream. According to Parmawati & Inayah (2019), English Movie can improve students’speaking skill. The improvement of students’ speaking skill can be identified from the improvement of speaking skill achievement. Menonton film berbahasa Inggris akan memberikan banyak input, for you can mendapatkan banyak kosakata dan belajar langsung pengucapan kata yang benar dari pemeran film yang merupakan native speakers. Bertambahnya kosakata baru dan input pengucapan yang benar dari pemeran akan membantumu meningkatkan kemampuan speakingmu. Selain itu, kamu juga dapat mempelajari stuktur atau kalimat yang sering digunakan oleh native speakers, sehingga kamu dapat menerapkannya agar speakingmu terdengar lebih natural. Visual dan audio yang ditampilkan dalam film akan mempermudahmu untuk mengingat vocabulary, kalimat, dan juga nada pengucapan yang benar.
            Membaca dengan suara adalah kegiatan kedua yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrismu. Kamu dapat membaca dari buku, artikel, maupun berita yang banyak tersedia di internet. Sebelum membaca, pastikan apa yang kamu baca memberikan ilmu pengetahuan untuk mu, tetapi tidak masalah jika kamu ingin membaca apa yang menjadi kesukaanmu seperti novel agar masa karantinamu tetap menyenangkan. Menurut Huang (2010), Reading aloud helps to develop reading skills and basic skills but also helps improve pronunciation. As long as we do and practice it well, we can improve English skills. Reading aloud disini adalah membaca dengan mengeluarkan suara, tetapi tidak harus nyaring. Cara membaca seperti ini akan meningkatkan kemampuan membaca dan juga akan berdampak pada peningkatan speaking skills. Dengan membaca kamu juga akan menambah banyak kosakata baru, so pastikan kamu mencatatnya jika terdapat kosakata yang tidak kamu pahami untuk dipelajari. Bertambahnya vocabulary dan tentunya ilmu pengetahuan, akan meningkatkan kemampuan writingmu.
Ketiga, waktu luangmu dapat kamu gunakan untuk mendengarkan podcast dalam Bahasa Inggris. Podcast adalah media siaran seperti radio dimana terapat dua orang atau lebih yang membahas topik tertentu. Sekarang,podcasts sudah banyak tersedia diplatform-platform mainstream seperti youtube dan sportify. Podcasts provide benefits for English development, they can change the way they speak, listen, improve vocabulary, sentence grammar, intonation, and mimic pronunciation. Listening to podcasts directly increases motivation and is more flexible to learn (Ramli & Kurniawan, 2018). Mendengarkan podcast memberimu banyak manfaat, selain ilmu yang kamu dapat dari obrolan orang didalanya kamu juga menggunakannya untuk pengembangan Bahasa Inggris mu. Dengan pembicara yang merupakan native speakers, kamu dapat mempelajari intonasi atau penekanan dari cara pengucapan suatu kosakata maupun kalimat. Oleh karena itu, mendengarkan podcasts adalah salah satu aktivitas yang dapat kamu lakukan untuk mengisi waktu luangmu dengan tetap mendapatkan manfaat berupa English development dan juga bertambahnya ilmu pengetahuan.
Terakhir, learn new vocabulary word setiap hari. vocabulary is the total number of words that are needed to communicate ideas and express the speakers' meaning. That is the reason why it is important to learn vocabulary (Alqahtani, 2015). Penguasaan vocabulary akan mempengaruhi kualitas dari kemampuan Bahasa Inggris seseorang, karena sesorang akan lebih mudah menggunakan Bahasa Inggris dengan koleksi vocabulary yang banyak dan bervariasi. Vocabulary berpengaruh pada kemampuan speaking dan writingmu, karena seseorang yang kekurangan vocabulary akan hambatan sesorang untuk dapat menyampaikan opininya baik itu secara lisan maupun tulisan. Kamu dapat meningkatkan vocab dengan setidaknya mempelajari 3 atau lebih kosakata baru sehari, sehingga koleksi vocabulary mu akan terus bertambah. Kamu bisa melakukan ini ketika kamu membaca, menonton film, atau ketika mendengankan podcast. Jika ada kosakata yang tidak kamu pahami kamu dapat mencatatnya lalu mencari tahu arti dari kosakata tersebut, dengan begitu kualitas vobulary akan bertambah.
Kesimpulannya, waktu luang yang kita miliki pada masa karanti seperti ini akan lebih baik jika kita gunakan untuk pengembangan kemampuan Bahasa Inggris dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan dan tidak membosankan. Bersantai sembari menonton film Bahasa inggris meberimu banyak input yang dapat meningkatkan speaking skill. Untuk meningkatkan kemampuan menyimak kamu dapat mendengarkan siaran podcast yang kamu sukai. Kemudian, untuk mengembangkan skill membaca kamu dapat membaca artikel ataupun novel. Terakhir, dari semua kegiatan diatas kamu dapat mempelajari banyak vocabulary yang akan meningkatkan kemampuan speaking dan writing mu, so pastikan kamu mencatat kosakata yang tidak kamu pahami.

No comments:

Post a Comment